Sunday, July 31, 2011

3 PEMBUNUH (Berpikir Negatif)

Ada 3 pikiran negatif yang mematikan seperti bisa ular yang masuk ke dalam aliran darah kemudian mematikan.
  1. Mencela
  2. Kritikan
  3. Membanding-bandingkan

MENCELA

Ketika mencela seseorang, berarti anda telah memosisikannya harus mempertahankan diri. dalam kondisi seperti ini, reaksi yang muncul bisa negatif. Celaan membuat seseorang merasa jadi korban dan menjadi racun dalam dirinya hingga ia merasa sangat sedih. 

Dampak negatifnya adalah hilangnya semangat menghargai orang lain. Ketika anda mencela orang lain, berarti anda telah mengirim pesan ke akalnya dan memintanya untuk membuka seluruh file celaan yang tersimpan dalam memory agar digunakan untuk mencela orang - termasuk mencela balik anda sendiri.


KRITIKAN

Kritik sangat mungkin mengundang reaksi keras dari seseorang, dapat juga menyebabkan orang yang dikritik merasa sendirian, tidak berguna dan merasa tidak berarti dibanding orang yg mengkritiknya. Oleh karena itu, kritik dapat berdampak negatif dan memancing amarah.

Mengkritik yg baik itu menggunakan cara-cara yg disebut dengan istilah sandwich, yaitu memulai kritik dengan pernyataan positif tentang orang yg dikritik dan diakhiri dengan sesuatu yg positif juga. Gagasan kritik bisa anda selipkan di tengah-tengah pernyataan positif itu. Kritik jangan diarahkan pada pribadi seseorang karena manusia itu bukan pikiran dan bukan perilakunya.


MEMBANDING-BANDINGKAN 

Ada 3 jenis utama membanding-bandingkan.

Yang pertama membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Contoh : postur tubuh anda pendek, lalu anda anda membandingkannya dengan orang lain yang berpostur tinggi dan tegap, hasilnya anda akan merasa rendah diri. Sesuatu yg dibandingkan bisa berupa bentuk, keberhasilan, perilaku, pekerjaan, dll, yg pada akhirnya akan menyeret anda pada sikap iri, dengki, marah dan sedih.

Yang kedua adalah membandingkan kondisi diri sendiri saat ini dengan kondisinya di masa lalu. Mungkin saat ini anda berada dalam kondisi psikologis, keuangan, spiritual, keluarga, sosial dan kesehatan yg lemah....anda lantas berpikir kondisi dimasa lalu yang lebih baik dari kondisi saat ini. Pola pikir seperti ini membuat anda menderita dan sedih karena kehilangan apa yg pernah anda miliki di masa lalu. Perbandingan ini membuat seseorang merasa sedih.

Yang ketiga adalah membandingkan orang tertentu dengan orang lain. Anda menilai orang tertentu memiliki kekurangan dibanding orang lain. Contoh : seorang ibu membandingkan anaknya yg kecil dengan anaknya yg besar...."Coba lihat adikmu, ia melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik, sedang kamu selalu sibuk dengan sesuatu yg tidak berguna". Perbandingan seperti ini berarti mengirim pesan bahaya kepada sang anak. Orang yg dijadikan objek perbandingan akan merasa rendah diri di hadapan orang lain, akibatnya akan melahirkan perasaan dendam pada mereka yg dinilai lebih baik dan perasaan marah pada orang yang membandingkannya dengan orang lain.

Mencela, Mengkritik dan Membanding-bandingkan merupakan 3 pembunuh yang mengandung racun yang langsung mengguncang jiwa seseorang, melahirkan perasaan negatif, merampas kebahagiaan dan menjauhkannya dari impian hidup. Semua itu adalah dampak dari pikiran negatif.

Semoga Kita tidak menjadi bagian orang yg seperti itu.  


(Disadur dari Buku "terapi berpikir positif", karya Dr. Ibrahim Elfiky, 2009)

No comments:

Post a Comment