Tuesday, September 7, 2010

DEVIANT BEHAVIOR [PERILAKU MENYIMPANG]

Perilaku Menyimpang Dalam Beberapa Kajian

Psikologi: ilmu ini mempelajari tingkah laku/perilaku seseoransebagaimana ia merespon     pengaruh-pengaruh sosial yang ada disekelilingnya.
Antropologi : ilmu ini mempelajari perilaku menyimpandihubungkandengannilai-nilai budaya kelompok/masyarakatnya.
Hukum : Ilmu ini mempelajari sebab-sebab yang melatabelakangi terjadinya penyimpangan perilaku/pelanggarahukum,sehingga dapat membuat kebijakan untuk mencegahnya.
Sosiologi : Berkaitan dengan pelanggaran terhadap norma-norma sosial dan nilai-nilai kultural yang telah ditegakkan olehmasyarakat. Perilaku seperti ini terjadi karena seseoranmengabaikan norma atau tidak mematuhi patokan baku dalammasyarakat sehingga sering dikaitkan dengan istilah-istilahnegatif.

Apa itu Perilaku Menyimpang 1/1
James W. Van Der Zanden : Penyimpangan perilaku merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan diluar batas toleransi.
Robert M. Z. Lawang : Perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku dalam sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku menyimpang.

Apa itu Perilaku Menyimpang 1/2
Edward H. Sutherland : Perilaku menyimpang bersumber pada pergaulan yangberbeda  dan dipelajari melalui proses alih budaya.
Edwin M.Lemert : Seorang menjadi penyimpang karena adanya proselabeling (pemberian cap, etiket, merk) yang diberikamasyarakat kepadanya
Robert K. Merton : Struktur sosial dapat menghasilkan pelanggaran terhadap aturan sosial dan menekan orang tertentu kearah perilaku menyimpang

Apa itu Perilaku Menyimpang 1/3
Emile Durkheim : Semua anggota masyarakat tidak dimungkinkan memiliki keseragaman tentang kesadaran moral. Tiap individu pasti berbeda dengan individu lain, jadi perilaku menyimpang pasti terjadi.
Karl Max : Perilaku menyimpang adalah perilaku yangdidefinisikan oleh pihak yang berkuasa untukmelindungi kepentingan mereka sendiri .
David Berry : Peilaku menyimpang dapat terjadi karena seseoranmemiliki standard nilai/ norma yang berbeda dari orang lain.

Perilaku Yang Digolongkan Sebagai Perilaku Menyimpang
1.Tindakan yang nonconform
Perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma yang ada. Contoh : merokok di tempatlarangan merokok.
2.Tindakan yang anti sosial atau asosial
Tindakan yang melawan kebiasaan masyarakat atau kepentingan umum. Bentuk tidakan sosial itu antara lain: bunuh diri, minuman-minuman keras, narkoba, penyimpangan seksual.
3.Tindakan kriminal
 Tindakan yang nyata-nyata telah melanggar aturan hukum.

Kategorisai perilaku menyimpang menurut Clinard & Meier 1/1
1.Secara Statikal
o   Segala perilaku yang bertolak dari suatu tindakan yangbukan rata-rata atau perilaku yang jarang dan tidak sering dilakukan.
o   Asumsinya sebagian besar masyarakat dianggap melakukancara-cara atau tindakan yang benar.
2.Secara Absolut
  • Berangkat dari aturan-aturan sosial yang dianggap sebagaisesuatu yang mutlak atau jelas, sudah ada sejak dulu, serta berlaku tanpa terkecuali.
  • Asumsinya aturan-aturan dasar dari suatu masyarakaadalah jelas dan anggota-anggotanya harus menyetujui tentang apa yang disebut menyimpang dan bukan.

Kategorisai perilaku menyimpang menurut Clinard & Meier 1/2
3.Secara Reaktif
  • Berkenaan dengan rekasi masyarakat ataua gen kontrol sosial terhadap tindakan yang dilakukan seseorang.
  • Apabila ada reaksi dari masyrakat atau agen kontrol sosialdan kemudian mereka memberi cap atau tanda (labeling) terhadap si pelaku, maka perilaku itu dianggap menyimpang.
  • Menurut Bekker, penyimpangan adalah suatu akibat yangkepada siapa cap itu telah berhasil diterapkan.
4.Secara Normatif
  • Asumsinya bhw penyimpangan adalah suatu pelanggaran dari suatu norma sosial.
  • Norma dalam hal ini adalah suatu standar tentang “apa yang seharusnya atau tidak seharusnya dipikirkan, dikatakan, atau dilakukan oleh warga masyarakat pada suatukondisi tertentu”.

Rangkaian Pengalaman Atau Karier Menyimpang
1.Penyimpangan kecil (penyimpang primer/primari deviance)
  • Dialami oleh seseorang manakala ia belum memiliki konsep sebagai penyimpangan atau tidak menyadari jika perilakunya menyimpang.
  • Bentuk penyimpangan primer ini ini biasanya dialami oleh seseorang yang tidak menyadari bhw perilakunya dapat menjurus ke arah penyimpangan yang lebih berat.
2.Penyimpangan berat (secondary deviance)
  • Suatu tindakan menyimpang yang berkembang ketika perilaku dari si penyimpang itu mendapat penguatan (reinforcement) melalui keterlibatannya dengan orang atau kelompok yang juga menyimpang. 

No comments:

Post a Comment